Rahasia Dibalik Taman Sari

Belum pernah merasakan Taman Air ? Rugi sekali bila anda tidak merasakan Taman Air. Objek wisata ini menyimpan sejuta rahasia yang mampu membuat anda penasaran. Taman sari terletak di Jalan Taman Keraton Jogjakarta. Tempat ini merupakan istana yang dibangun oleh Sultan Hameng Kubuwono I yang diperuntukkan bagi para istri – istrinya yang telah menemaninya selama masa peperanga.

Beliau memerintahkan seorang arsitek Demak Tegis yang berdarah Portugis serta Bupati Madiun untuk menjadi mandor selama pembangunan istana tersebut. Didalam istana terdapat danau buatan dengan dipenuhi bunga – bunga yang bau wanginya tidak bisa hilang. Disini anda akan menemukan tiga kolam yaitu Umbul Kawitan yang diperuntukkan bagi putra – putri Raja, Umbul Pamuncar untuk para selir Raja dan yang terakhir Umbul Panguras yang diperuntukkan khusus untuk Raja.

Para istri raja dapat bercermin dengan periuk yang ornamennya masih cantik dan antik, anda dapat membayangkan seorang permasuiri yang sedang membenarkan sanggul dan hiasannya. Disisi lain anda dapat mengunjungi Gapura Agung yang merupakan tempat menunggunya kedatangan kereta yang biasanya ditumpangi oleh Sultan Hameng Kubowono I beserta keluarganya.

Hiasan – hiasan pada Gapura Agung seperti ornamen burung dan sayap burung. Wah hebat bukan tempatnya. Selain itu anda dapat mengabadikan moment – moment yang anda inginkan

Tarif masuk :

  1. Wisatawan lokal anda akan ditarik biaya Rp 3000,00
  2. Nah untuk wisatawan mancanegara akan ditarik Rp 7.000,00
  3. Bila anda membutuhkan pemandu anda harus mengeluarkan biaya berkisar Rp 10.000 – 20.000,00, cukup murah bukan
  4. Tarif ini dapat berubah sewaktu –waktu karena tergantung dengan banyaknya pengunjung yang ada
    Cukup murah bukan. Anda dapat menempuh dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Bisa juga anda dengan berjalan kaki untuk menikmati suasana kota Jogjakarta. Kuliner disini juga enak loh, anda dapat menikmatinya setelah mengunjungi Taman Sari. Ajaklah teman atau kelaurga anda bila berkunjung Kota Jogjakarta. Sedikit info tentang Taman Sari. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *