20 Destinasi Wisata Alternatif di Lombok Timur

Posted on

Lombok memang menjadi destinasi wisata terfavorit kedua setelah Pulau Bali bagi para turis, baik turis domestic maupun turis mancanegara. Lokasinya yang tak jauh dengan Pulau Dewata, Lombok sering menjadi destinasi wisata alternatif bagi sebagian besar turis yang sedang berlibur di Pulau Bali.

Sama halnya dengan Pulau Bali, Pulau Lombok juga memiliki banyak sekali tempat-tempat indah yang menjadi daya tarik wisata, khususnya daya tarik wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Salah satu bagian Lombok yang kaya akan tempat-tempat wisata adalah Lombok bagian Timur. Penasaran ada apa saja di Lombok Timur? Berikut 20 Destinasi wisata di Lombok Timur.

Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan terletak di bagian Selatan Kabupaten Lombok Timur. Pantai Kaliantan ini berada di Kecamatan Jerowaru. Tempat wisata ini dapat dicapai sekitar 2,5 jam dari Bandara. Selain memiliki pemandangan bahari yang sangat indah dan masih sangat alami, daya tarik lainnya yang terdapat pada pantai ini adalah upacara tradisional yang diselenggarakan oleh penduduk lokal.

Upacara tradisional tersebut tak lain adalah Upacara Bau Nyale. Upacara Bau Nyale adalah suatu perayaan penangkapan hasil laut berupa cacing laut. Bagi anda yang ingin menyaksikan upacara ini, sebaiknya anda berkunjung sekitar bulan Februari atau Maret karena di bulan-bulan ini Yale, sejenis hewan cacing laut, populasinya meningkat. Penduduk lokal sangat percaya bahwa Yale memiliki banyak khasiat dan dapat memberi berkah.

Tak hanya itu, daya tarik lainnya dari Pantai Kaliantan adalah pasirnya. Bentuk butiran pasirnya sangat unik. Pasalnya butiran pasirnya seperti butiran merica. Air lautnya yang sangat jernih cocok sekali untuk anda para penggemar diving dan snorkeling. Ombak pantainya yang besar juga cocok sekali untuk anda yang sangat menyukai surfing.

Tanjung Bloam

Tanjung Bloam merupakan tempat khusus konservasi penyu. Habitat asli penyu-penyu yang ada di Lombok Timur adalah area perairan yang berada di sepanjang garis pantai yang memanjang dari Selatan hingga Utara. Di sekitar tebing-tebing ini penyu hidup dengan bebasnya.

Lokasi ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat. Tanjung Bloam lokasinya cukup dengan Pantai Kaliantan. Nah, jadi bagi anda kebetulan sedang berada di Pantai Kaliantan, jangan lupa sempatkan diri anda untuk berkunjung ke balai konservasi penyu Tanjung Bloam.

Gili Sunut

Gili Sunut memiliki garis pantai yang landai  sehingga para pengunjung dapat berenang di area perairanya dengan aman, Ombak pantainya juga relatif kecil dan tenang. Pasir  pantainya berwarna putih dan berbentuk seperti butiran merica. Kondisi alam yang sangat bersahabat ini menjadikan

Gili Sunut menjadi pusat atraksi wisata banana split, rafting, diving, dan snorkeling. Ditambah lagi dengan pemandangan alam pantai yang sangat indah dan masih sangat alami. Di bagian tengah pantai terdapat 3 buah pulau kecil yang dihuni oleh sekitar109 kepala keluarga yang semuanya bermata pencaharian sebagai nelayan. Selain ikan, sumber daya alam laut lainnya yang potensial untuk dibudidayakan adalah mutiara.

Tanjung Ringgit/ Pantai Fotografer

Bisa dikatakan Tanjung Ringgit ini adalah spot dengan pemandangan alam yang paling indah di Kabupaten Lombok Timur. Dari lokasi ini, para pengunjung dapat melihat kegagahan Gunung Rinjani  yang menjulang dari kejauhan. Banyak para pengunjung yang rela mendaki tanjung ini sejak dini hari hingga pagi buta hanya untuk menyaksikan keindahan sunrise di Tanjung Ringgit.

Untuk mencapai  lokasi ini memang cukup sulit. Pengunjung harus melewati medan yang cukup berat. Pasalnya pengunjung harus menyusuri lereng bukit, melompat ke ujung tebing ke laut yang dalam, dan berenang cukup panjang. Di tanjung ini para pengunjung juga dapat melakukan snorkeling, mengelilingi tanjung dengan menggunakan perahu, dan juga memancing. Tanjung Ringgit yang tak lain adalah sebuah kawasan hutan lindung  juga memiliki sebuah goa jepang/ tangsi. Peninggalan penjajah Jepang lainnya yang masih ada hingga sekarang adalah sebuah meriam dengan panjang 5 meter dan berdiameter  27 cm.

Tanjung Cina dan Tanjung Perak

Berbeda dengan kawasan pantai-pantai yang ada di Kabupaten Lombok pada umumnya, Tanjung Cina dan Tanjung Perak berupa tebing-tebing curam. Kawasan dua buah tanjung ini merupakan kawasan dataran tinggi. Namun dibalik tebing-tebing yang curam ini, terdapat panorama  pantai yang langsung menghadap Samudera Hindia yang membentang luas. Tebing-tebing curam ini juga sering dijadikan spot fotografi yang sangat indah dan eksotis.

Banyak fotografer yang mengabadikan ‘bentukan’ alam ini dengan menggunakan kamera canggihnya. Lihat juga bagian batu alamnya di tebing-tebing tersebut. batu alam pada tebing memiliki gradasi warna yang tak bisa dijumpai di tempat manapun.

Pantai Ekas

Pantai yang satu ini  berupa sebuah teluk. Pasirnya putih bersih dan berombak kecil. Keunggulan dari Pantai Ekas ini adalah kawasan perairannya yang sangat cocok untuk diving. Pantai Ekas juga menjadi tempat hunian bagi penduduk lokal yang sebagian besar berprofesi nelayan.

Roda perekonomian di sini berjalan sangat baik terutama dari sektor pariwisata dan perdagangan hasil laut. Ekosistem pantainya juga sangat kaya. Kondisi topografi pantai yang landai membuat Pantai Ekas ini terlihat lapang. Suasana sunrise dan sunset pun akan tampak jelas di pantai ini.  Pantai Ekas ini hanyalah salah satu dari 20 tempat wisata di Lombok Timur yang laris manis dikunjungi oleh banyak turis karena lokasinya yang segaris dengan garis Pantai Surga, Pantai Kaliantan, dan Pantai Cemara yang sangat terkenal.

Pantai Surga

Tempat wisata menarik lainnya yang masuk dalam list Destinasi wisata di Lombok Timur adalah Pantai Surga. Seperti namanya, Pantai Surga ini benar-benar seperti surga. Pemandangan alam pantainya begitu menawan. Pasir pantainya putih bersih dan bertekstur seperti biji merica.

Air lautnya sangat jernih dan di dalamnya ada banyak sekali spesies laut yang sangat indah. Kondisi panorama yang sangat termaintain dengan baik menjadi pendongkrak utama sektor pariwisata di sini. Sektor perekonomian juga turut meningkat berkat adanya usaha budidaya mutiara dan rumput laut yang dikelola oleh banyak perusahaan dan penduduk setempat.

Aktivitas-aktivitas menarik yang bisa anda lakukan selama liburan di kawasan Pantai Surga ini adalah diving, snorkeling, berenang, kunjungan ke beberapa perusahaan budidaya mutiara dan rumput laut, dan menikmati keindahan sunrise dan sunset di Pantai Surga ini.

Gili Kondo/ Gili Bagek

Gili Kondo/ Gili Bagek merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Kecamatan Sambelia. Area perairan di pulau ini sering dimanfaatkan oleh sejumlah pengunjung sebagai tempat untuk melakukan snorkeling. Gili yang satu ini berdekatan dengan gili-gili kecil lainnya yang juga menjadi atraksi wisata di Lombok Timur. Di gili-gili ini telah dibangun fasilitas untuk kepentingan pariwisata.

Gili Lawang dan Gili sulat

Kedua buah gili ini juga termasuk tempat wisata unggulan bersama dengan Destinasi wisata di Lombok Timur lainnya. Gili Sulat ini hanya sepanjang 5,2 km saja. Tak jauh dari Gili Sulat, hanya 500 meter saja dari Gili Sulat, terdapat Gili Lawang. Gili Lawang ini berada di sebelah Barat Gili Sulat.

Keunggulan dari Gili Lawang ini adalah area hutan bakau dan ekosistem lautnya yang sangat beragam. Area pantai sempit di kedua gili ini berpasir putih dan terkadang ada kawanan lumba-lumba yang nampak di area perairan Gili Sulat dan Gili Lawang ini.

Lembah Hijau

Mengapa dinamakan Lembah Hijau? Tentu saja dinamakan Lembah Hijau karena hampir keseluruhan area ini berupa daratan yang ditumbuhi pepohonan yang rindang dan hijau. Lembah Hijau ini terlihat begitu subur dan hijau segar dari kejauhan. Sebuah danau indah dengan air yang sangat jernih dikelilingi oleh pepohonan rindang nan hijau plus hiasan alam berupa bunga warna-warni di tepi danau. Suasana romantis pun dihadirkan oleh alam melalui Lembah Hijau ini.

Sembalun

Sayang rasanya jika anda melewatkan tempat indah yang satu ini. Sembalun namanya. Sembalun merupakan sebuah desa wisata yang mempunyai pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Desai ini juga menjadi pintu gerbang utama medan pendakian Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak.

Daya tarik lainnya dari desa wisata ini adalah kebudayaan tradisionalnya yang masih terus dilestarikan oleh penduduknya hingga sekarang. Sebut saja Bale Baleq yang sangat terkenal di sini. Tak heran jika desa wisata direkomendasikan sebagai salah satu dari Destinasi wisata di Lombok Timur yang wajib dikunjungi.

Aiq Temer  Waterfall

Aiq Temer adalah sebuah air terjun yang berada di kaki Gunung Rinjani. Air terjun ini menjadi tempat wisata kebanggaan penduduk Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur. Air terjun ini berada di ketinggian 600 hingga 1000 meter di atas permukaan air laut. Tak hanya air terjunnya saja yang terlihat sangat menawan, pemandangan alam sekitar air terjun ini juga sangat indah.

Tumbuhan hijau tumbuh lebat di sekitar area air terjun ini. Ada yang menarik lainnya dari tempat wisata ini selain pemandangan alamnya yang indah, yaitu kawanan monyet hitam yang tak lain adalah penghuni hutan yang mengelilingi kawasan air terjun ini. Selain itu, terdapat juga dua buah aliran sungai dan 3 air terjun yang siap untuk anda kunjungi. Ketiga air terjun tersebut yaitu Jukut, Mayung Putih, dan Jeruk Manis.

Menurut cerita penduduk setempat, air dari ketiga air terjun ini dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan menumbuhkan rambut. Namun untuk mendapatkan kesembuhan, seseorang yang akan menggunakan  air dari salah satu air terjun di atas harus melakukan upacara khusus terlebih dahulu beserta pendampingan dari seorang pemangku.

Tete Batu

Tete Batu merupakan kawasan pemukiman/ desa yang terletak 700 meter di atas permukaan air laut. Di ketinggian ini, penduduk setempat dan para pengunjung tentunya merasakan suasana sejuk dan bersih serta segarnya udara dari dataran tinggi ini. untuk mendukung sektor wisata di tempat ini, pemerintah daerah setempat telah membangun berbagai jenis fasilitas seperti hotel dan restoran. Di sini, para pengunjung dapat menikmati indahnya Air Terjun Otak Kokoq, Air Terjun Aik Temer, dll.

Otak Kokoq

Air Terjun Otak Kokoq menjadi salah satu dari Destinasi wisata di Lombok Timur yang ramai dikunjungi oleh para turis. Turis yang berkunjung umumnya penasaran dengan mitos dan kepercayaan penduduk setempat yang percaya bahaw air di Air Terjun Otak Kokoq ini dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

Tak sedikit juga dari pengunjung yang datang kesini untuk berobat. Namun ada juga yang hanya penasaran lalu mencoba memasukan tubuh mereka ke dalam air terjun ini. Konon katanya jika air terjun berubah menjadi keruh, seseorang tersebut memang sedang menderita penyakit kulit tertentu. sebaliknya, jika air tetap jernih, maka tidak ada penyakit kulit yang menghinggapi tubuh orang tersebut.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung berapi yang masih aktif di kawasan Lombok. Terdapat 2 pilihan jalur pendakian Gunung Rinjani, yaitu Jalur Sembalun dan Jalur Selatan. Di kawasan Gunung Rinjani ini terdapat Danau Anak Segara dan anak gunung yang baru muncul. Sejak tahun 2008, Gunung Rinjani diklaim sebagai salah satu taman bumi dunia/ Geo Park oleh PBB.

Air Terjun Mayung Putek

Berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun yang satu ini airnya mengandung belerang. Tak heran jika airnya kaya akan kandungan belerang. Pasalnya sumber air terjun ini berasal langsung dari Gunung Rinjani. Karena kandungan belerangnya tinggi, air pada air terjun ini berwarna putih. Penduduk lokal kemudian memanfaatkan airnya sebagai obat penyakit kulit.

Desa Sapit

Daya tarik yang ada di Desa Sapit adalah pemandangan alam dan area pertaniannya. Dari desa ini, anda dapat melihat luas dan indahnya Samudera Hindia dan Selat Alas. Dari desa ini anda juga dapat melihat jelas puncak Gunung Rinjani dari kejauhan.

Penduduk desa masih menerapkan cara bercocok tanam tradisional yang tidak dapat ditemukan di tempat-tempat lainnya. Bagi anda yang tertarik untuk menginap, di sini tersedia banyak homestay dan penginapan murah.

Pulau Pink

Nah, pantai yang satu ini jelas menjadi satu dari Destinasi wisata di Lombok Timur yang paling laris manis dikunjungi oleh wisatawan. Mengapa dinamakan Pantai Pink? Karena pasir pantainya yang terlihat berwarna pink. Sebenarnya pasir di pantai ini berwarna putih. Namun karena bercampur dengan serpihan-serpihan pecahan terumbu karang yang berwarna kemerahan, pasir pantai kemudian terlihat berwarna pink jika dilihat dari kejauhan.

Pantai Pink ini juga sering disebut Pantai Tangsi oleh penduduk sekitar. Selain di Desa  Sekaroh, Kabupaten Lombok Timur, pantai dengan pasir berwarna pink juga dapat anda jumpai di Pulau Komodo, NTT.

Tanjung Ringgit

Tanjung ringgit sebenarnya mirip dengan Tanjung Perak dan Tanjung Cina. Sama-sama berada di kawasan pantai di ujung Selatan Kabupaten Lombok Timur. Lokasi tanjung ini berada di kawasan dataran tinggi dengan topografi tebing-tebing curam.

Dari tanjung ini, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan nuansa yang sangat berbeda. bagaimana tidak terkesima, pasalnya para pengunjung dapat melihat indahnya Samudera Hindia yang membentang luas dari tanjung ini. Tanjung yang masuk dalam rekomendasi Destinasi wisata di Lombok Timur dengan predikat populer ini selalu ramai dikunjungi oleh para turis yang penasaran dengan keindahan Samudera Hindia.

Goa Jepang/ Tangsi

Goa Jepang/ Tangsi sebenarnya masuk ke dalam kawasan wisata Tanjung Ringgit, Tanjung Perak, dan Tanjung Cina. Goa ini dulunya menjadi tempat persembunyian tentara Jepang sekaligus sebagai benteng pertahanan tentara Jepang dari serangan tentara Sekutu.

Meski tak terlalu ramai oleh pengunjung, Goa Jepang ini tetap dianggap menarik karena mempunyai nilai sejarah yang berkaitan erat dengan sejarah Bangsa Indonesia. Demikian ulasan singkat mengenai Destinasi wisata di Lombok Timur. Semoga informasi ini menambah referensi tempat wisata anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *